Jumat, 25 Januari 2013

Tips Menahan Marah Saat Puasa

"Setan dibelenggu saat puasa..." begitu sering terdengar ceramahnya pak ustadz saat tarawih, tapi lha kok masih ada yang bergentayangan, kesana kemari, menggoda orang sedang puasa untuk marah, sebab yang dibelenggu itu setan dari golongan Jin yang jahat, sedang dari golongan manusia,..masih bebas bergerilya.

Anak laki-laki saya, ketika saya nasehati untuk tidak marah, ia menjawab;
"Bu, aku sedang butuh marah, butuh menangis.."
Aku tercenung,  anak usia 12 thl bisa jawab tentang kemanusiaan-nya manusia, yang mempunyai rasa, yang perlu ditumpahkan. Dan ini yang membedakan dengan Malaikat-Nya, yang memang sudah di-set: tak makan, tak tidur, tak berhasrat; apalagi marah. Cuma ya, itu tetap acara "menahan diri" agar marah tak terlalu meledak-ledak, atau mengelola "marah" menjadi energi yang positif, apalagi dibulan puasa, selalu harus kita gali, kita pelajari dan tentu kita latih.

Berikut ada "TRIK MENAHAN MARAH SELAMA PUASA" moga bermanfaat ya,..

1. Bila marah sudah mulai meledak, cobalah seperti yang dicontohkan Nabi SAW untuk mengambil air wudhu, dan mengguyur kepala. Bila tidak berhasil juga, krn marah masih bergelayut,cobalah Sholat 2 rakaat. Insya Allah pas sholat, marahnya akan hilang. Bila seusai salam, marah itu masih menganggu, lanjutkan dengan baca qur'an, sedekah pada fakir miskin,..nah aktifitas yang sangat sibuk itu malah buat  lupa marah; kalau belum...kebangetaaan.

2. Pas, mau marah ajaklah pak Ustadz atau bu Nyai, mendampingi anda, Nah ketika 2 menit anda mulai marah; hampir dipastikan mereka (pask Ustadz atau bu Nyai) langsung melerai dan menasehati anda, lebih lama durasinya dengan anda marah tadi,..hingga ndak jadi deh marahnya..

3. Dicari waktu 1-2 menit sebelum buka puasa; lha pas akan mulai ancang-ancang marah,..bedug maghrib berbunyi,..dijamin anda akan batalkan puasa dulu dan lanjutkan makan ta'jil, sholat magrib, trus makan buka puasa dilanjutkan tarawih dan tadarus,..he..he..waktunya habis untuk ibadah dan marahnya jadi lupa.

4. Carilah ruang khusus untuk marah, yang mana didalamnya ditempeli poster Artis komedian kesukaan anda, misalnya Mr. Bean, Charlie Caphlin, jojon, parto, nunung aziz, Andre dan tentu saja sule, yang pas mencibir dengan jargonnya "ojo nesuuuu",..tentu marah anda jadi sedikit terkurangi, bahkan ganti terbahak.

5. Bila anda orang jawa, atau bisa berbahasa jawa, cobalah marah memakai bahasa jawa halus,..alias krama inggil, bahasa jawa tingkat tinggi,..dijamin marah anda akan sangat berwarna, karena harus dua kali berbikir, mentranslate bahasa jawa ngoko/kasar ke halus,..cari padan katanya, dan hasilnya persis wayang orang; dialog antara arjuna dan kurawa,..marah dengan intonasi rendah dan ucapannya yang lambat,..hampir pasti lawan marah anda malah tertawa.

6.Kursus vocal; khusus dengan nada dasar rendah. Hingga saat marah terjadi,..suara anda sangat pelan, bahkan nyaris tak terdengar,..dan lawan marah anda sampai tak bisa mengenali kalau anda sedang marah.

demikian TIPS MENAHAN MARAH SAAT PUASA semoga manfaat,..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar